Elha Husnan

Man Syakka Wajada

Mimpi

Mimpi, umumnya kita terjemahkan sebagai kembang tidur. Sebagai citra khayali, ia hanya bermakna ketika di dalam tidur, dan bukan setelahnya pada saat kita terjaga. Tetapi, beberapa mimpi tak bisa dan tak boleh kita abaikan. Ulama menyebutnya ar-ru’yah as-shadiqah, impian yang benar. Sesuatu yang terjadi pada Nabi Ibrahim, umpamanya,  ketika beliau diperintahkan untuk menyembelih anaknya sendiri.

Hal yang sama berlaku pada Sirri As-Siqty, seorang waliyullah, guru dari Syeikh Junaid Al-Baghdady. Ia mimpi bertemu dengan Allah. Sebagai catatan kita, mimpi bertemu dan bertemu langsung dengan Allah (dalam hal ini melalui mata hati), sama-sama bisa dan patut dijadikan dasar. Laiknya Sayidina Ibrahim berpegangan pada mimpi-mimpinya. Seorang kekasih Allah biasanya kerap bertemu dengan Allah di dalam mimpi. Dikabarkan, Ahmad ibn Hanbal, pemuka dan pen-ta’sis mazhab hanabilah itu, mimpi bersua dengan Allah kurang lebih seratus kali dalam hidupnya. Bisa jadi, seorang wali mimpi bertemu Rasul hampir setiap hari.

Di dalam mimpi Sirri As-Siqty, Allah berfirman:

“Aku menciptakan makhluk (manusia), mereka semua mengaku mencitai-Ku (ingat Firman Allah yang menyebutkan bahwa saat di alam arwah, kita semua bersaksi bahwa hanya Allah-lah Tuhan kita?).

Setelah itu, Aku ciptakan dunia. Mendadak orang-orang disibukkan olehnya. Dari sepuluh ribu orang, tinggal tersisa seribu yang masih mengingat-Ku.

Lalu Kuciptakan surga. Semua orang terpesona oleh keindahannya. Dan dari seribu,  tinggallah seratus orang yang teringat kepada-Ku.

Kemudian Aku mencipta baliyat (cobaan dan musibah). Semua orang sama memikirkan dirinya sendiri. Dari seratus, kini tinggal sepuluh orang yang betul-betul mengingat-Ku.

Aku bertanya kepada sepuluh orang itu. ‘Kalian tidak tergoda oleh dunia?’, mereka menjawab ‘tidak’. ‘Tak terpesona oleh keindahan surga?’, lagi mereka jawab ‘tidak’. ‘Tak tersibukkan oleh musibah dan bencana?’, dan mereka berujar ‘Tidak, Ya Allah, karena semua itu berasal dari-Mu. Semua yang berasal dari-Mu pastilah baik buat kami. Kami Ridha, ya Tuhan’.

Ya, sepuluh orang yang tersisa itulah yang kupanggil sebagai ibadii haqqan, hamba-hamba-Ku yang sejati”.

Demikianlah mimpi Sirri. Dari situ kita tahu, betapa dalam rangka pengabdian kepada Allah, terdapat pelbagai bujuk dan coba. Mulai dari dunia beserta kemolekannya (harta, tahta, wanita), sampai bahkan surga. Ya, buat orang-orang yang betul-betul menghambakan dirinya kepada Tuhan, ibadah dengan tujuan masuk surga, bukanlah sebetul-betulnya ibadah (pengabdian). Sebab dengan begitu, kita masih menghendaki imbalan. Kita hamba, bukan kuli. Kita mengabdi, bukan bekerja.

Nah, barangkali pada setiap saat kita beribadah, kita menekadkan untuk lillahi ta’ala. Dalam shalat kita berucap, ushalli fardhal maghribi lillahi ta’ala, aku shalat maghrib karena Allah Ta’ala. Tetapi siapa betul-betul tahu kalau itu semua cuma di mulut belaka, atau dalam pikiran saja. Sementara itu, angan kita melayang-layang, “wah, aku shalat, dengan begini aliran rejekiku akan mudah”, “wah, aku shalat, dengan begini aku akan masuk surga”. Ala kulli hal, tidak ada yang betul-betul tahu apa tujuan kita beribadah. Betulkah kita benar-benar sudah mengabdi kepada-Nya?

Wallahu a’lam bis shawab.


Iklan

2 comments on “Mimpi

  1. renungan
    02/03/2011

    posting menarik.
    ilmu baru

  2. Elha Husnan
    02/03/2011

    Terima kasih. Salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 02/03/2011 by in Editorial IM and tagged , , , , , , .

Author

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Jejak

  • 57,535 hits
%d blogger menyukai ini: